MENGHAFAL AL-QUR’AN ITU PENTING
April 11, 2016
2

Menghafal Al-Qur’an tidak akan mengganggu intelektual seseorang, Tetapi justru dapat menjadi pemicu kecerdasan seseorang. Artinya, seorang pelajar yang sedang menghafal Al-Qur’an tidak akan mempengaruhi prestasi belajarnya. Untuk itu, menghafal Al-Qur’an dapat bersinergi dengan kegiatan belajar di bangku sekolah/perguruan tinggi.

Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang misalnya, beberapa mahasiswa atau wisudawan terbaik 5 tahun terakhir kebanyakan diraih oleh mahasiswa penghafal Al-Qur’an. Ini menunjukkan bahwa, dengan belajar yang rajin untuk menggapai prestasi kuliah yang bagus dan dalam waktu yang bersamaan ikut menghafal al-Qur’an, aktifitas keduanya tidak akan terganggu. Salah satu Ustadz di Nurul Hayat, yakni Ustadz Abdur Rohem telah membuktikkan bahwa menghafal Al-Quran Adalah hal yang mudah, menghafal satu barisnya hanya memerlukan waktu tidak lebih dari waktu 2 menit.

TAHUKAH ANDA?

Ternyata ada beberapa makanan yang bisa membantu untuk meningkatkan daya ingat.

MAKANAN APA SAJA YANG MENINGKATKAN DAYA INGAT?

Berikut makanan yang bisa meningkatkan daya ingat dan dapat membantu mempercepat hafalan

  1. Cokelat
    Coklat sangat bergizi untuk otak. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang ditemukan hanya dalam dua atau tiga sendok makan bubuk coklat itu lebih kuat dari antioksidan yang ditemukan dalam makanan lain seperti teh hijau atau anggur merah. Antioksidan utama yang ditemukan di kakao, yang dikenal sebagai flavonol, penting untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak.
  2. Ikan
    Ikan secara keseluruhan sangat bermanfaat bagi kesehatan anda, terutama untuk otak anda. Ikan penuh dengan Omega-3 yang merupakan asam lemak yang sangat bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai aspek. Makan satu porsi ikan seminggu dapat sangat mengurangi satu peluang untuk mendapatkan penyakit Alzheimer. Asam lemak ini membantu dengan fungsi otak karena mereka melapisi neuron yang kadang-kadang memiliki lapisan asam lemak kaku karena kandungan kandungan yang tinggi dari kolesterol dan lemak jenuh dalam tubuh. Omega-3 akan melapisi neuron dengan lemak baik yang memungkinkan mereka untuk bergerak dengan mudah di seluruh otak. Omega-3 juga menyediakan lebih banyak oksigen ke otak, serta memungkinkan seseorang untuk menyimpan informasi baru sementara masih mengingat informasi lama. Ikan terbaik untuk makan kesehatan otak adalah ikan salmon, tuna dan ikan haring.
  3. Sayuran
    Sayuran berdaun hijau seperti kubis, katuk, bayam dan lain-lain, sangat baik untuk otak anak-anak dan orang dewasa. Sayuran ini sangat membantu ketika tiba saatnya untuk mengingat informasi lama dan proses seperti baru saja anda pelajari kemarin. Hal ini karena makanan ini penuh dengan vitamin B6, B12 dan folat yang merupakan senyawa yang penting diperlukan di dalam otak untuk mendobrak tingkat homocystein yang dapat mengakibatkan lupa dan bahkan penyakit Alzheimer. Sayuran ini seringkali mengandung zat besi yang tinggi. Jadi biasakan anak-anak memakan sayuran hijau.
  4. Kacang-kacangan
    Mencari camilan yang memiliki segala yang baik untuk otak? Adalah camilan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Seperti kacang, hazelnut, kacang mete, almond, walnut, pecan, biji tabu, biji bunga matahari dan jenis lain kacang atau benih yang bisa anda pikirkan, baik untuk otak anda. Kacang-kacangan dan biji-bijian penuh dengan Omega-3 dan Omega-6 fatty acid, serta folat, vitamin E dan vitamin B6. Semua nutrisi ini memungkinkan anda untuk berpikir lebih jernih. Mereka juga membantu anda berpikir lebih positif, karena Omega-3 dan Omega-6 fatty acid bekerja sebagai antidepresan alami. Beberapa biji-bijian dan kacang-kacangan juga penuh tiamin dan magnesium yang bagus untuk daya ingat dan fungsi kognitif otak.

Masih ada 6 Makanan lagi yang lho… Ikuti terus website pesantren Khairunnas ya

Sumber : http://agusmaimun.lecturer.uin-malang.ac.id/2015/03/09/pentinya-membaca-memahami-dan-menghafal-al-quran/

Leave a Reply

2 comments

  1. Saya Moslem tetapi kurang begitu bisa mengaji,. adakah metode pembelajaran untuk belajar Quran dengan Cepat . Terima Kasih

    1. Assalamualaikum rudi prasetyo yang dirahmati Allah. Ukuran cepat dan lambat adalah sebuah ukuran yang relatif, hanya saja di SMP Khairunnas, kami menggunakan metode WAFA yang insya Allah cukup signifikan dalam mencapai target hafalan santri dan satriwati kami 🙂